Pages

Ads 468x60px

Senin, 24 Mei 2010

Memproteksi Folder

Apakah Anda adalah seseorang yang mempunyai banyak data-data penting atau rahasia di komputer Anda sehingga Anda tidak menginginkan satu orangpun untuk mengetahuinya? Atau apakah Anda adalah seorang pengusaha warnet yang kebingungan mencari cara untuk menyembunyikan mIRC, data lagu dan program lainnya untuk mencegah tangan-tangan jahil para pelanggan warnet Anda? Setting hidden file atau folder yang ada di Windows bukanlah cara yang aman karena rata-rata pengguna Windows tahu akan hal itu. Apalagi pengguna Windows 95, Windows98, dan Windows Me yang notabene keamanan datanya sangat minim sehingga memudahkan bagi mereka yang "kurang kerjaan" untuk merusak atau menghapusnya.

Nah, sebenarnya ada cara lain untuk lebih memperkuat keamanan data Anda yaitu dengan software pihak ketiga. Salah satunya adalah dengan FolderGuard (download di http://www.winability.com). Dengan program ini Anda dapat menyembunyikan file-file yang terdapat di dalam folder beserta foldernya dengan mudah dan cepat. Anda dapat membuat isi folder tersebut menjadi "Read Only" sehingga ia tidak dapat ditambah, dihapus maupun diubah. Selain itu, Anda juga dapat memproteksi file atau folder tersebut dengan sebuah password. Untuk masing-masing folder, Anda dapat menguncinya dengan password yang berbeda.

Program yang bekerja mulai dari sistem operasi Win 9x hingga Win XP ini, juga dilengkapi oleh password untuk melindungi perubahan yang dilakukan padanya. Terdapat Admin password dan Master Password yang dapat Anda set pada FolderGuard. Admin password berguna untuk menjalankan FolderGuard serta untuk menguninstallnya, sedangkan Master password berguna untuk mendisable proteksi yang dilakukan program ini. Simpanlah atau ingatlah password tersebut baik-baik.

Cukup banyak fungsi lainnya yang diberikan FolderGuard, yang akan sangat membantu memproteksi file dan folder di komputer Anda. Untuk menjaga keamanan data, tidak ada salahnya bila Anda memanfaatkan program ini. Buatlah para "perusak" data itu bingung dan putus asa!

Catatan:
Program ini adalah shareware (hanya dapat dijalankan selama 14 hari). Dan pada versi "evaluation copy/unregistered" setiap orang dapat mereset/menghapus setting Admin password yang Anda buat. Khusus bagi pengguna FolderGuard Professional Edition Versi 5.4, bila Anda ingin mendapatkan akses penuh ke program ini, silahkan isi buku tamu saya dengan mencantumkan email Anda dan akan saya kirimkan username beserta serial number untuk mengunlock program tersebut sekaligus mendapatkan versi registrasinya sehingga Anda dapat memakai program tersebut selama yang Anda inginkan tanpa seorangpun yang dapat mereset Admin password yang Anda buat.

0 komentar:

Posting Komentar